Buka Bengkel Motor

Monday, August 24, 2009

Ga bisa servis motor? bukan alasan untuk membuat bengkel sepeda motor..Modal yang utamanya adalah kemauan, tinggal pilih aja. Mau Bengkel Resmi (1 merek ) pa yang Umum (bermacam2 merek) tinggal disesuaikan dengan uang yang ada dikantong..
so, apa keuntungan dan kerugian Masing2:
let,s Check Out :

Keuntungan Bengkel Resmi

1. Mempunyai system management yang standar, Pemilik tinggal menjalankan system tersebut tanpa perlu memikirkan cara membuatnya

2. Pembinaan yang kontinyu dari Main Dealer, jadi pemilik tidak sendirian dalam menghadapi berbagai masalah dlm bengkelnya karena Main Dealer akan ikut membantu menyelesaikan

3. Pelatihan Mekanik yang distandarisasi dan up to date. Jadi skill mekanik bisa ditingkatkan dengan pelatihan2 mekanik dari main dealer. Dimana informasi-informasi teknik terbaru dari suatu produk bisa terus diikuti

4. Mendapat Pedoman-pedoman reparasi, sehingga mekanik punya panduan untuk melakukan servis sepeda motor lengkap dengan ukuran-ukuran yang standar

5. Punya wadah tukar informasi dengan para pemilik bengkel yang lain, jadi bisa saling tukar strategi untuk bisa bahu-membahu memajukan bengkelnya masing-masing

6. Mempunyai fasilitas harga khusus untuk pembelian tools atau spare part di Main Dealer

7. Mendapatkan fasilitas Exterior dan Interior. ( Sampai dengan tahun 2007, satu bengkel AHASS bisa mendapat subsidi sampai l.k. 50 – 75 JUTA RUPIAH!!!! )

8. Mendapatkan material promosi atau ikut dipromosikan oleh main dealer ( gratis tentu saja ) yaitu Nama Bengkel Resmi. Contoh AHASS ( Honda), YSS (yamaha) dll

9. Yang paling penting adalah : Bengkel Resmi di “beri “ konsumen oleh Main Dealer yaitu pemberian kartu servis berkala untuk sepeda motor baru. Dengan cara demikian konsumen “dipaksa” masuk ke bengkel resmi untuk mendapatkan servis gratis dengan ditukar kartu.


Kalo kerugiannya

Tidak begitu banyak kerugiannya sebenarnya hanya ada larangan : Menservis sepeda motor produk competitor. Contoh AHASS dilarang menservis sepeda motor non-Honda! Juga mematuhi policy dari Agen Tunggal Pemegang Merk ( ATPM ) seperti : Menjual spare part yang bukan genuine dan/atau oli yg non recommended gitu…

Lainnya hanya sekedar masalah image aja, seperti : Mekanik Bengkel Resmi hanya bisa tune up aja, tidak mau menservis sepeda motor lama, main ganti part de el el. Padahal semua yang dilakukan bengkel umum, Bengkel resmi juga bisa!

Bengkel Umum:

Lalu keuntungan bengkel umum apa?
1. Bisa service motor dari berbagai merek, mulai dari jepang ampe motor cina bisa..
2. Tidak dibatasi umur motor, mau dari motor warisan kakek buyut tahun 60 ampe warisan bokap tahun 2000 an..
3. Tidak ada larangan buat jual onderdil yang asli pa yang palsu.. tinggal selera konsumen aja, mau yang murah tapi cepet rusak pa yang mahalan dikit tapi awet..
4. Tidak memerlukan tempat khusus, cukup sediakan ruangan buat service, konsumen suruh duduk aja di warung, sambil ngopi (hehehehehe, bagi2 rezeqi ma tukang warung), becanda..lebih baik lay out ruangan dibuat seperti bengkel resmi, jadi ada ruang tunggu buat konsumen
5. Menangani segala macam service, mulai dari yang ringan-ringan (tune Up) ampe yang berat (turun mesin)
6. Tidak perlu ada kasir,kalo belum kuat gaji orang buat administrasi..(irit to..)

kerugiannya apa..?
Kerugian bengkel umum kebalikan dari keuntungan bengkel resmi...gampang to !!

Modal nya gimana..?
KALO MAU BUAT BENGEKEL RESMI SILAHKAN Lihat caranya disini


kalo mau buat bengkel umum , yang harus dipersiapkan yaitu :

1. Untuk pengadaan kunci-kunci, tools , meja kerja, gerinda, compressor, air gun dll anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp. 10.000.000. Bingung? Gampang, buku-buku tentang bengkel emank banyak, tapi pengalaman tetap yang utama. Cari mekanik yang anda kenal untuk membantu anda membeli tools & equipment tersebut

2. Beli Meja Penerima Tamu, yang bisa di ditempati oleh computer en printer ( kalo gak punya komputer, paling tidak disediain dulu tempatnya ) dgn dana Rp. 1.000.000 udah bagus koq

3. Kursi Ruang tunggu, ini yang paling diremehkan oleh pemilik bengkel umum. Seadanya yang penting konsumen bisa duduk. Kunooo men. Sekarang ini jaman pelayanan. Buat konsumen senyaman mungkin, kalo perlu kasih hiburan TV ato minimal ada bahan bacaan. Dananya Kursi R. Tunggu, TV, Bahan bacaan : Rp. 1.500.000

4. Siapkan piping system, seperti di bengkel-bengkel resmi. Paling tidak miriplah, soalnya cukup mahal bo! Bisa Rp. 1,5 jeti per pit service. Jadi kalo 5 pit, udah Rp. 7,5 Juta sendiri. Belum filter oil en udaranya. Sampe Rp.10.000.000 / 5 pit.Pemasangannya panggil tukang pipa.

5. Sediakan Pit service khusus yang tertata rapi, jangan setiap ruang kosong di buat service

6. Nah yang paling besar apaaan? Jelaaas Spare Part!!! Kalo anda punya modal Rp. 50 juta adalah angka yang aman untuk kota besar. Tapi gimana kalo gak laku? Nah jangan langsung dibelanjakan semua, beli dulu part-part fast moving, seperti kampas rem, kampas kopling, dispatch, gear set, accu en laen2. Jangan yg slow moving, seperti Knalpot, Velg dan sebangsanya. Bingung? Sekali lagi kenalan ma mekanik, minta advisenya. Ntar kalo udah jalan baru ketahuan karakter daerah anda itu, konsumennya suka meghabisin part apaan. Karena kebiasaan suatu daerah tuh laen-laen Bos…

7. Koq disuruh bawa-bawa mekanik terus seh? Nah ini yang penting sebenarnya. Kiat mudahnya bikin bengkel, anda kalo udah punya lokasi cari mekanik yang bagus ( kalo bisa yg murah juga, tp jgn terlalu berharap deh ). Saya termasuk yang tidak setuju paham : Kalo mau bikin bengkel harus paham mesin en bisa servis!!!! No way men. Yang paling penting dalam setiap usaha adalah intuisi kita dalam melihat peluang. Jadi caranya ambil langsung mekanik yg bagus untuk membantu persiapan mendirikan bengkel – meski korban bayar gaji 1 bulan tanpa dapat untung – gak masalah. Anda dapat keuntungan yang lain yaitu bengkel yang sudah siap opersional. Siapkan dana Rp.1.000.000 deh

Apakah gak kemahalan? Tergantung kualitasnya, bisa mahal bisa murah. Tapi prinsipnya cukup 1 orang mekanik yang pinteeer, yang lain cukup bisa servis ringan aja jadi bisa dibayar murah. Jangan pintar semua, selain bayarnya mahal kemungkinan kacau cukup besar, karena semuanya saling menonjolkan diri sendiri. Jadi gak efektif.

8. Papan Nama. Ini sangat perlu karena semua usaha harus punya Trade Mark. Gimana seh cara enaknya? Gandeng sponsor! Sssttt tak kasih bocoran ya. Daftarkan aja bengkel anda jadi jaringan Spare Part resmi, jadi bukan bengkelnya. Karena peluang menjadi jaringan spare part jauh lebih mudah daripada servis. Kalo gak? Gandeng aja produk-produk oli ato yg laen. Yang penting ada namanya!

9. Kasih garansi setelah service di bengkel anda, jika ada masalah setelah 1 minggu, motornya bisa di service kembali, gratis..

10. Beri bonus buat konsumen, motor yang dah di service di cuci gratis.. pasti konsumen seneng, disamping motor enak dikendarai lagi, enak juga dilihat mata, b'cause motarnya dah kinclong..

0 comments:

Post a Comment