Wednesday, August 12, 2009

Pemasok Telur Asin

Bagi penggemar makan di warteg, tentu ga asing dengan menu telor asin..terpikirkah,bagaimana cara membuatnya?
kalo metode kuno, harus pake abu dan batu bata dicampur garam plus lumpur..
ternyata.. ada cara yang lebih efektif...dan bisa jadi peluang buat usaha pembuatan telur asin dan di distribusikan ke warung2 makan, ato kepasar. lumayan bisa menambah penghasilan. cuma harus usaha mencari supplier telurbebek mentah,kalo pingin murah, lebih baik ketemu ma peternak bebek saja, disamping harga bisa nego, suplai bisa rutin tiap hari. kalo belum ketemu ma peternaknya, bisa searching ke pasar tradisional...

Nih cara buatnya==>>

Bahan :
10 Butir Telor Bebek bisa dibeli dipasar, harga bervariasi antara 900-1200 perak
10 Sdm Garam tingal ambil di dapur to
1000 ml Air (yang pasti air bersih dong..)

Cara Membuat :

*) Bersihkan telor bebek dengan di gosok / disikat hingga bersih pilih telor yang betul-betul bagus.

*) Siapkan Wadah Tupperware untuk menyimpan / memeram telor bebek ( Dengan menggunakan SIngle Deco )kira2 muat buat merendam 10 butir telur.

*) Tuangkan air kedalam wadah Single Deco lalu masukan garam dan aduk rata, sehingga menjadi larutan air garam.

*) Masukan telor bebek yang sudah bersih kedalam larutan tersebut.

*) Tutup rapat wadah, lalu simpan ditempat yang kering.

*) Untuk telor dengan kadar keasinan rendah disimpan 1 minggu saja, untuk keasingan sedang disimpan selama 2 minggu dan bila ingin sampai “Masir”( kuning telor sampai keluar minyaknya ) disimpan sampai 3 minggu. Selanjutnya telor bisa direbus atau di bikin masakan lain


Selamat Mencoba …. !!

Tips :

1. Cara memilih telor yang baik, letakan telor didalam air bila tenggelam berarti bagus.

2. Dengan menggunakan Tupperware membuat telor asin tanpa abu gosok / bubuk batubata dan lebih gampang dan hasilnya … lembut dan lebih uuueeeenakk….

kalo dijual ke warteg mungkin bisa dapet harga 1500, tinggal dikali aja berapa butir telor yang ke jual..

No comments:

Post a Comment